History of Zamrud / Emerald

Zamrud adalah batu permata yang menarik. Mereka memiliki hijau yang paling indah dan paling intens bersinar yaitu Hijau Zamrud.  Dimana inklusi ditoleransi. Dalam kualitas atas, zamrud yang bagus bahkan lebih berharga daripada berlian.

Nama zamrud berasal dari bahasa Yunani ‘smaragdos’ melalui bahasa Prancis kuno ‘esmeralde’, dan benar-benar hanya berarti ‘permata hijau’.Kisah-kisah fantastis yang tak terhitung jumlahnya telah tumbuh di sekitar permata megah ini. Suku Inca dan Aztec di Amerika Selatan, di mana zamrud terbaik masih ditemukan hari ini, menganggap zamrud sebagai batu permata suci.

Namun, mungkin temuan tertua pernah dibuat di dekat Laut Merah di Mesir. Karena itu, tambang batu permata ini, telah dimanfaatkan oleh firaun Mesir antara 3000 dan 1500 SM dan kemudian disebut sebagai ‘Pertambangan Cleopatra’, sudah habis pada saat mereka ditemukan kembali pada awal abad 19.

Ditulis berabad-abad lalu, dalam Weda, kitab suci dari India, mengatakan dari permata hijau mulia dan sifat penyembuhan mereka: “Zamrud janji keberuntungan …’; dan ‘zamrud ini meningkatkan kesejahteraan …’. Jadi tidak mengherankan bahwa peti harta karun dari India maharaja dan maharanis terkandung zamrud yang indah. Salah satu terbesar di dunia adalah apa yang disebut ‘Mogul Emerald’.Ini dari tahun 1695, emerald berbobot  217,80 karat, dan ada yang tinggi 10cm. Satu sisi dari itu adalah tertulis dengan teks doa, dan terukir di lain ada ornamen bunga megah. Zamrud legendaris ini dilelang oleh Christie London kepada pembeli tak dikenal dengan nilai 2,2 juta Dolar AS pada 28 September 2001.

Zamrud telah dijunjung tinggi sejak zaman kuno. Untuk alasan itu, beberapa zamrud paling terkenal adalah dapat dilihat di museum dan koleksi. New York Museum of Natural History, misalnya, memiliki sebuah pameran di mana sebuah cangkir terbuat dari zamrud murni milik Kaisar Jehangir ditampilkan di sebelah ‘Patricia’, salah satu kristal zamrud Kolombia terbesar, yang beratnya 632 karat. Koleksi Bank Bogota meliputi lima kristal zamrud berharga dengan bobot antara 220 dan 1796 karat, dan zamrud yang indah juga merupakan bagian dari Iran National Treasury, menghiasi, misalnya, mahkota dari mantan Ratu Farah. Para sultan Turki juga mencintai zamrud. Di Istana Topkapi Istanbul ada pameran dengan item perhiasan, dan belati, masing-masing dihiasi dengan zamrud yang boros dan permata lainnya.

Hijau Kehidupan dan Cinta
Hijau zamrud adalah warna kehidupan dan musim semi, yang datang berputar lagi dan lagi. Tetapi juga, selama berabad-abad, menjadi warna keindahan dan cinta konstan. Di Roma kuno, hijau adalah warna Venus, dewi kecantikan dan cinta. Dan hari ini, warna ini masih menempati posisi khusus dalam banyak budaya dan agama. Hijau, misalnya, adalah warna suci Islam. Banyak negara dari Liga Arab telah hijau dalam bendera mereka sebagai simbol kesatuan iman mereka. Namun warna ini memiliki status yang tinggi dalam Gereja Katolik juga, di mana hijau dianggap sebagai yang paling alami dan paling mendasar dari warna liturgi.
Hijau megah zamrud adalah warna yang menyampaikan harmoni, cinta alam dan elemen joie de vivre. Mata manusia tidak bisa melihat warna ini cukup unik. Pliny berkomentar bahwa mata gembira hijau tanpa melelahkan itu. Hijau adalah dianggap sebagai segar dan hidup, tidak pernah sebagai monoton. Dan mengingat fakta bahwa warna ini selalu berubah agak antara cahaya terang hari dan cahaya buatan dari lampu, zamrud hijau mempertahankan semangat hidup di semua nuansa.

Sidik Jari Alam
Luminositas warna yang hidup membuat batu permata zamrud ini unik. Namun demikian, zamrud dengan kualitas yang sangat baik adalah cukup langka, dengan inklusi pemerataan dari warna – tanda-tanda asal-usul yang bergolak, memberi karakteristik batu permata ini. Inklusi baik, bagaimanapun, tidak dengan cara apapun mengurangi menjunjung tinggi di mana ia diselenggarakan. Sebaliknya: bahkan dengan inklusi, zamrud dalam hijau, yang dalam hidup masih memiliki nilai yang jauh lebih tinggi daripada zamrud nyaris tanpa cela yang warnanya pucat. Sayang, dan agak puitis, para spesialis panggilan inklusi kristal banyak, retakan atau celah yang khas dari batu permata ‘jardin’.Mereka menganggap tanaman lembut hijau kecil di taman zamrud sebagai ciri identitas dari sebuah permata yang telah tumbuh secara alami.

Jadi dari mana zamruda berasal dan bagaimana ia ada? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kita perlu melihat jauh, jauh kembali ke waktu asal zamrud itu. Zamrud dari Zimbabwe di antara batu permata tertua di manapun di dunia. Mereka sudah tumbuh 2600000000 tahun lalu sementara beberapa spesimen dari Pakistan, misalnya, adalah hanya 9 juta tahun yang lalu. Dari titik pandang kimia-mineralogi , zamrud adalah berilium-aluminium-silikat dengan kekerasan yang baik sebesar 7,5 sampai 8, dan termasuk, seperti aquamarine biru muda, merah muda morganite tender, yang heliodor emas dan hijau pucat beryl, ke batu permata besar keluarga beryls. Murni beryl tidak berwarna. Warna tidak terjadi sampai jejak dari beberapa elemen lain yang ditambahkan. Dalam kasus batu zamrud itu, hal ini terutama jejak kromium dan vanadium yang bertanggung jawab untuk warna menarik.

Biasanya, elemen ini terkonsentrasi di bagian cukup berbeda dari kerak bumi untuk berilium, sehingga zamrud harus Tegasnya, mungkin tidak ada sama sekali. Tapi selama proses tektonik intensif seperti orogenesis, metamorfisme, emergences dan erosi tanah, elemen-elemen kontras menemukan satu sama lain dan mengkristal untuk membuat salah satu batu permata kami yang paling indah. Ketegangan yang terlibat dalam kondisi geologi yang kondusif untuk proses di atas menghasilkan beberapa kekurangan kecil, dan beberapa yang utama. Sebuah sekilas melalui kaca pembesar atau mikroskop-ke bagian dalam zamrud memberitahu kita sesuatu tentang asal-usul penuh peristiwa ini permata yang unik: di sini kita melihat celah kecil atau besar; di sini berkilau mini-kristal atau gelembung kecil; di sini bentuk dari semua jenis. Sementara kristal masih tumbuh, beberapa manifestasi memiliki kesempatan untuk ‘menyembuhkan’, dan dengan demikian tiga-fase bergerigi inklusi khas dari zamrud Kolombia dibentuk: rongga berisi cairan, yang sering juga mengandung gelembung kecil gas dan beberapa kristal kecil.
Cukup logis, suatu asal-usul sebagai bergolak seperti yang zamrud menghambat pembentukan terganggu besar, kristal sempurna. Untuk alasan ini, hanya jarang bahwa zamrud besar dengan warna yang baik dan transparansi yang baik ditemukan. Itulah sebabnya zamrud baik begitu berharga. Tapi untuk alasan bahwa zamrud tersebut memiliki masa lalu yang penuh badai, itu pasti berhak untuk menunjukkan itu – yaitu, selama hanya jardin halus untuk dilihat, dan bukan yang merusak kebun peringkat kedua warna dan transparansi.

Dunia Zamrud Kualitas Tinggi
Kolombia terus berada di puncak daftar dalam hal negara-negara di mana zamrud kualitas tinggi ditemukan. Negara ini memiliki sekitar 150 daerah deposit yang dikenal, meskipun tidak semua saat ini sedang dieksploitasi. Nama-nama yang dikenal terbaik adalah Muzo dan Chivor, di mana zamrud ditambang oleh suku Inca pada masa pra-Columbus . Dalam istilah ekonomi, tambang yang paling penting adalah di Coscuez, di mana terdapat sekitar 60 tempat sedang dikerjakan. Menurut perkiraan, sekitar tiga perempat produksi zamrud Kolombia sekarang berasal dari Tambang Coscuez. Zamrud Kolombia berbeda dari zamrud dari daerah deposit lain yang mereka memiliki, terutama kehalusan sinar hijau zamrud yang terganggu oleh jenis warna kebiru-biruan. Ini warna dan inklusi zamrud yang indah, begitu sangat terhormat dalam perdagangan internasional, yang bahkan harus dianggap sebagai diterima. Namun Kolombia belum banyak untuk ditawarkan: sekarang dan kemudian tambang zamrud Kolombia muntah langka seperti zamrud Trapiche dengan enam sinar yang memancar dari mereka pusat yang menyerupai jari-jari sebuah millwheel.

Bahkan jika banyak dari zamrud terbaik adalah tak perlu dipertanyakan lagi asal Kolombia, ‘kelahiran’ dari batu adalah tidak pernah menjadi jaminan mutlak kualitas rapi nya. Zamrud yang bagus juga ditemukan di negara lain, seperti Zambia, Brasil, Zimbabwe, Madagaskar, Pakistan, India, Afghanistan dan Rusia. Zambia, Zimbabwe dan Brasil pada khususnya memiliki reputasi yang baik untuk zamrud yang bagus dalam perdagangan internasional. Kristal zamrud emerald yang excelent, zamrud hijau tua yang indah dan dengan transparansi baik berasal dari Zambia. Warna mereka sebagian besar gelap daripada zamrud Kolombia dan sering memiliki nada, baik sedikit kebiruan.Zamrud yang sebagian besar kecil, tapi sangat halus, hijau tua, bersemangat intens berasal dari Tambang terkenal Sandawana Zimbabwe, dan mereka sering memiliki nuansa kekuningan-hijau halus.Dan tambang zamrud dari Kolombia yang terkenal saat ini menghadapi persaingan dari tetangganya di Brasil yaitu tambang Era Nova yang juga memproduksi zamrud hijau yang indah dan menarik dibandingkan dengan tetangga mereka yang terkenal, hanya dengan margin yang lebih kecil. Brasil juga memasok zamrud dengan mata kucing langka namun zamrud sangat jarang yang ber bintang enam. Berkat penemuan di Afrika dan Brazil, ada lebih banyak zamrud di pasar sekarang daripada dulu untuk menyenangkan penggemar zamrud .

Batu Permata yang Canggih
Sementara kekerasan baik melindungi zamrud untuk sebagian besar dari goresan, rapuh dan fisura yang banyak bisa membuat memotong, pengaturan dan pembersihan agak sulit. Bahkan untuk pemotong permata terampil, memotong zamrud menyajikan tantangan khusus, pertama karena nilai tinggi dari kristal mentah, dan kedua karena inklusinya banyak. Namun, ini tidak mengurangi cinta pemotongnya kepada permata yang unik ini. Memang, mereka telah mengembangkan memotong khusus hanya untuk permata ini: potongan zamrud. Desain yang jelas dari ini dipotong persegi panjang atau persegi dengan sudut-sudutnya miring membawa keluar keindahan batu permata berharga untuk penuh, pada saat yang sama melindungi dari regangan mekanik.
Zamrud juga dapat dipotong dalam banyak model lainnya, terutama bentuk klasik, tetapi jika bahan baku mengandung sejumlah besar inklusi, zamrud dapat dipotong menjadi cabochon bulat yang lembut, atau ke jadi manik-manik zamrud yang begitu populer di India.
Hari ini, zamrud banyak ditingkatkan dengan minyak berwarna atau resin. Ini adalah praktik perdagangan umum, tetapi memiliki konsekuensi bahwa harta tersebut bereaksi sangat sensitif hijau untuk pemrosesan yang tidak tepat. Misalnya, mereka tidak dapat dibersihkan dalam penangas ultrasonik. Zat yang mungkin telah digunakan oleh pemotong selama bekerja, atau diterapkan selanjutnya, menutup pori-pori halus di permukaan permata. Menghapus mereka akan berakhir memberikan penampilan batu ini. Untuk alasan ini, cincin zamrud harus selalu diambil sebelum pemakainya meletakkan tangannya atau di air yang mengandung agen pembersih.

Sebuah Masalah Kepercayaan
Sayangnya, karena zamrud itu tidak hanya salah satu dari batu permata yang paling indah, tetapi juga salah satu yang paling berharga, tak terhitung ada sintetis dan imitasinya. Jadi bagaimana Anda bisa melindungi diri dari ‘ emerald palsu’? Nah, cara terbaik adalah dengan membeli dari seorang spesialis yang Anda memiliki keyakinan. Zamrud besar tertentu saja harus dibeli dengan laporan dari sebuah lembaga gemmological terkemuka. Seperti lembaga yang akan dapat, berkat teknik pemeriksaan paling modern, untuk membedakan antara zamrud terpercaya alami dan sintetis, dan akan memberitahu Anda, apakah batu tersebut telah mengalami perlakuan / proses atau tidak dan  pembeli memiliki hak untuk tahu tentang itu.
Dan satu lagi saran tentang pembelian zamrud: sementara berlian dapat memancarkan kilau mereka dalam ukuran di bawah 1 karat, Anda harus memilih dimensi zamrud yang lebih besar untuk memperoleh kilaunya yg mengagumkan. Benar, ada beberapa potongan perhiasan yang indah dengan permata berwarna kecil untuk mengatur aksen dekoratif, tapi zamrud, seperti batu permata berwarna lainnya, baru benar-benar mulai menunjukkan sinar indahnya di atas ukuran tertentu. Berapa besar zamrud akan tergantung pada selera pribadi Anda dan pada anggaran Anda. Spesimen benar-benar besar kualitas atas jarang terjadi. Ini berarti bahwa harga zamrud kualitas top mungkin lebih tinggi daripada berlian dari berat yang sama. Zamrud memang memancarkan pesona yang cukup unik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s