ASAM URAT

Pemicu Asam Urat
Singkat kata, asam urat adalah terbentuknya kristal-kristal di sendi. Apakah penyakit ini menimbulkan rasa sakit? Sudah tentu. Jika Anda sudah pernah mengalami seperti apa nyerinya asam urat, Anda harus menjauhi pemicunya sehingga nyeri tersebut tidak datang kembali, yaitu :
·         Makanan yang mengandung banyak purin.
Misalnya jeroan, hidangan laut (ikan sardin, ikan teri, ikan salmon, kerang) dan bayam.

·         Minuman beralkohol.
Karena dapat meningkatkan kadar uric acid dalam darah. Alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi.

·         Obat-obatan.
Misalnya obat untuk penyakit tekanan darah tinggi atau gagal jantung. Jika Anda akan melakukan pengobatan, beritahukan lebih dulu kepada dokter mengenai penyakit asam urat Anda.

·         Dehidrasi.
Hal ini juga dapat meningkatkan kadar uric acid.

·         Minuman berfruktosa.
Hindari mengkonsumsi terlalu banyak minuman dengan pemanis buatan ini.

·         Stress.
·         Kopi dengan kadar kafein yang tinggi.
Merubah gaya hidup dapat memberikan perbaikan pada kesehatan Anda, misalnya olahraga teratur, menjaga berat badan (terutama jika berat badan Anda berlebih). Lakukan pula diet yang tepat, contoh makanan yang baik untuk Anda konsumsi, yaitu buah-buahan, sayuran (misalnya asparagus), gandum dan susu rendah lemak.
Gejala Asam Urat Tinggi
Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin dalam tubuh yang berasal. Biasanya, asam urat ini dikeluarkan melalui urine. Dalam keadaan normal, asam urat dibawa oleh darah dan disaring di dalam ginjal, yang kemudian dibuang bersama urine. 
Saat fungsi ginjal terganggu, ginjal tidak bisa menyaring dan membuang asam urat secara optimal, jumlah asam urat pun meningkat dan menjadi penyebab penyakit asam urat. 
Nah, berikut ini adalah gejala asam urat yang perlu Anda ketahui:
·         Encok
Encok terjadi ketika asam urat menumpuk di dalam darah yang mengakibatkan pembentukan kristal kecil sehingga membuat sendi dan jaringan di sekitarnya terasa sakit. Biasanya, sakit terasa di kaki, pergelangan kaki, lutut, dan tangan. 
Obat encok sebetulnya sederhana yaitu mengubah jenis makanan. Misalnya, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Di antaranya, cherry yang mengandung antioksidan dalam jumlah banyak,  yang tinggi, kecambah alfalfa, minum air 2 liter sehari, dan menghindari makanan seperti jamur, asparagus, dan kembang kol. Pasalnya makanan ini mengandung purin yang tinggi.
·         Terbentuknya batu ginjal
Jumlah asam urat yang tinggi dapat mengakibatkan terbentuknya batu ginjal kecil di dalam ginjal. Batu ginjal ini bisa berpindah ke kandung kemih atau saluran kecing dan menimbulkan rasa sakit yang baru bisa hilang saat batu ginjal dapat melewati saluran kencing.
Obat batu ginjal adalah mencegah pembentukan batu ginjal dengan meminum banyak air hingga urineberwarna jernih serta makan makanan yang rendah kadar sodium dan rendah kadar protein hewaninya untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Tapi, Anda jangan meminum suplemen kalsiumkarena dapat memperparah batu ginjal.
·         Pengkristalan asam urat
Di mana terdapat kristal asam urat, di situlah terjadi gejala asam urat. Biasanya, kristal akan ditemukan pada sendi-sendi, terutama di kaki dan menyebabkan rasa sakit pada area-area yang menyimpan kristal asam urat tersebut.
Selain gejala asam urat yang sudah dipaparkan, Anda perlu waspada bila mengalami gejala asam urat di bawah ini, sebab gejala asam urat ini perlu segera ditangani dokter:
·         Jika timbul gejala rasa sakit yang memerah dan tampak meradang, terutama pada jempol kaki atau jari-jari.
·         Terjadi pendarahan yang tidak berhenti bahkan setelah beberapa menit terjadi.
·         Jantung yang berdegup kencang, timbulnya ruam pada kulit, terutama saat memulai mengonsumsi obat-obatan baru.
·         Timbulnya rasa sakit pada dada hingga sesak nafas.
Obat asam urat yang paling baik adalah memperbaiki pola makan. Jadi, penderita asam urat sebaiknya mengurangi konsumsi makanan tinggi purin, seperti ikan teri, ikan sarden, ikan herring, ragi, jeroan, kaldu daging, telur ikan, jamur, bayam, asparagus, kembang kol, biji-bijian seperti kacang kedelai, serta minuman beralkohol (terutama bir).
Meminum obat-obatan seperti ibuprofen atau acetaminophen dapat membantu mengurangi rasa sakit saat asam urat kambuh. Jika masih kurang efektif, dokter biasanya akan meresepkan obat asam urat seperti allopurinol untuk mengurangi asam urat, obat uricosuric yang mencegah pengendapan kristal, dan obat jenis xanthine oxidase inhibitors untuk mengurangi rasa sakit encok. (PA)
Asam Urat Bikin Encok
Asam urat yang mengakibatkan encok menjadi penyakit yang semakin lama semakin banyak diderita oleh orang Indonesia. Encok merupakan jenis arthritis yang disebabkan oleh tumpukan asam urat yang mengkristal di sendi-sendi. Asam urat sendiri merupakan hasil pecahan-pecahan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan akibat adanya keabnormalan tubuh dalam mengatasi asam urat ditambah dengan pengkristalan komponen ini, rasa sakit pun timbul pada sendi-sendi.
Gejala asam urat ditandai dengan munculnya rasa sakit pada sendi diikuti dengan rasa hangat, bengkak, warna kemerahan, serta bekas memar. Biasanya asam urat menyerang sendi kecil yang ada di jempol kaki. Lokasi lain di mana rasa sakit asam urat menyerang biasanya ada di pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari-jari, dan siku. Rasa sakit yang menyerang biasanya berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari. Orang dengan masalah asam urat akan terus mengalami masa kambuh seterusnya.
Pada pria, asam urat lebih umum dialami daripada kebanyakan wanita. Pria dapat mengalami asam urat setelah melewati masa puber hingga usia 75 tahun dan wanita dapat mengalaminya setelah menopause. Selain jenis kelamin, faktor lain yang dapat mempengaruhi kemungkinan terkena asam urat adalah adanya obesitas, kenaikan berat badan hingga berlebihan semasa remaja, adanya konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi, tekanan darah tinggi, serta ginjal yang bermasalah.
Berikut beberapa tanda saat asam urat menyerang di bagian tubuh tertentu seperti:
1. Pada jari, biasanya asam urat berkumpul di sendi-sendi jari. Saat rasa sakit menyerang, jangan gunakan jari yang sakit.
2. Pada siku dan lutut, bagian di mana asam urat menumpuk akan terlihat menjorok.
Untuk mengetahui dengan pasti apakah encok dan ngilu yang dirasakan diakibatkan oleh asam urat, diperlukan beberapa kali serangan rasa sakit pada sendi-sendi dan pendeteksian pengkristalan asam urat pada cairan yang melingkupi sendi. Cairan akan diambil setelah area tubuh dibius lokal menggunakan jarum suntik. Selain itu, bisa juga dilakukan pemeriksaan darah untuk mengukur jumlah asam urat dalam darah.
Untuk mencegah kambuhnya asam urat, kurangi minuman beralkohol yang bersifat mencaharkan perut dan dapat mengakibatkan dehidrasi yang menuntun pada serangan asam urat. Serangan dapat muncul karena alkohol memperlambat pengeluaran asam urat dari ginjal dan menyebabkan dehidrasi yang kemudian mengendapkan kristal di dalam sendi.
Selain itu, hal lain yang dapat dilakukan untuk mencegah asam urat kambuh adalah dengan menghindari berbagai makanan yang banyak mengandung purin seperti kerang-kerangan dan daging jeroan seperti hati, otak, dan ginjal. 
Untuk mengobati asam urat yang kambuh, konsumsi obat anti radang seperti ibuprofen, colchicines, dan corticosteroids. Jenis obat lain yang dapat mencegah level asam urat dalam darah, dan mencegah tumpukan asam urat di sendi, ginjal, maupun jaringan tubuh memiliki nama allopurinol, febuxostat, danprobenicid.
Cegah Penyakit Asam Urat
Kadar asam urat yang tinggi, diproduksi saat tubuh ‘terganggu’ dengan suatu zat yang disebut dengan purin. Purin banyak ditemukan pada daging, kacang-kacangan dan hidangan laut. Asam urat yang berlebih, akan mengendap, membentuk kristal-kristal kecil dan tajam di daerah persendian sehingga menyebabkan nyeri dan pembengkakan. Kadang, jika sedang kambuh, penderitanya akan sangat kesakitan saat berjalan atau bahkan tidak dapat berjalan.
Pemicu utama penyakit asam urat adalah diet yang salah, yaitu sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung purin, seperti jeroan (terutama hati), daging merah (termasuk daging sapi, daging babi dan daging kambing), ikan sardin, scallop, saus dan bir.
Pemicu asam urat (gout) lainnya adalah:
·         Berat badan berlebih.
·         Menderita kolesterol tinggi.
·         Diabetes.
·         Tekanan darah tinggi.
·         Dampak dari obat-obatan.
Untuk mencegah asam urat, Anda dapat melakukan :
·         Mengurangi makanan yang mengandung purin di dalam diet Anda.
Selain beberapa jenis makanan yang telah disebutkan diatas, kurangi pula konsumsi jamur, kacang-kacangan dan asparagus.
·         Perbanyak mengonsumsi susu.
Pilihlah susu yang rendah lemak atau yogurt, dua sampai tiga kali sehari.
·         Hindari mengkonsumsi alkohol, terutama beer dan sirup dengan kadar fruktosa yang tinggi.
·         Rajin mengkonsumsi vitamin C setiap hari.
5 Makanan yang wajib dihindari penderita Asam Urat
Asam urat adalah suatu penyakit radang yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh yang menumpuk. Salah satu kunci dalam manajemen penyakit asam urat adalah menjaga asupan makanan. Makanan dengan kadar purin yang tinggi sebaiknya dihindari oleh pasien asam urat. Berikut akan dijabarkan daftar makanan yang sebaiknya dihindari.
Daging Merah
Daging merah seperti daging sapi, kambing, babi, bacon, termasuk makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Penderita asam urat sebaiknya menghindari atau membatasi asupan makanan yang kadar purinnya tinggi.


Ikan Sarden dan Mackerel
Walaupun tinggi protein, ikan umumnya juga memiliki kadar purin yang tinggi. Ikan sarden, mackerel, tuna termasuk jenis ikan yang sebaiknya dihindari.

Udang
Selain jenis ikan, pada umumnya makanan laut termasuk golongan makanan dengan kadar purin tinggi. Selain itu, perlu diingat juga bahwa udang merupakan sumber makanan tinggi kolesterol, jadi sebaiknya konsumsi dibatasi demi kesehatan kita.

Sayur Bayam
Banyak orang berpikir bahwa sayuran adalah sumber mineral yang baik untuk kesehatan. Ya, memang benar. Tapi bagi penderita asam urat, harus berhati-hati, karena sayuran seperti asparagus, bayam memiliki kadar purin yang cukup tinggi.
Yang penting adalah mengontrol jumlah asupan makanan yang mengandung purin agar tidak berlebih.

Tahu Tempe
Tahu dan tempe dikenal sebagai makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain murah, tahu dan tempe juga merupakan sumber protein. Tapi, tahu tempe berbahan dasar kedelai yang merupakan sumber makanan yang tinggi purin.
Selain mengatur diet makanan, yang juga tak kalah pentingnya adalah melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah secara berkala. Umumnya dengan kombinasi diet yang tepat dan obat resep dari dokter, kadar asam urat dalam darah akan terkontrol dengan baik.


Asam Urat: Diet yang Baik

Asam Urat adalah masalah yang dialami banyak orang, dan walaupun relatif tidak berbahaya, tetapi banyak sekali dikeluhkan karena rasa nyeri-nya yang cukup mengganggu. Di sisi lain, justru karena penyakit ini cenderung tidak berbahaya dan jarang terdeteksi pada tahap awal, maka banyak sekali orang justru meremehkan kasus asam urat ini.
Salah satu hal yang sering diremehkan adalah masalah pemilihan diet makanan. Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh kita, yang tidak ter-metabolisir dengan baik, akan menyebabkan keluhan gout arthritis (orang awam menyebutnya dengan penyakit asam urat). Jadi keluhan asam urat didapat karena endapan asam urat di dalam tubuh. Nah kadar asam urat dalam tubuh kita sangat bergantung pada diet yang kita makan sehari-hari, khususnya diet yang mengandung purin yang tinggi.
Pada artikel ini, kita akan mencoba menjabarkan beberapa daftar makanan yang harus dihindari bagi orang yang terdiagnosa memiliki kadar asam urat yang tinggi. Untuk mengetahui kadar asam urat Anda, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke laboratorium. Kadar asam urat yang normal dalam darah adalah berkisar 3,5 – 7 mg/dl.
Beberapa makanan yang mengandung kadar purin tinggi:
·         Anchovies
·         Jeroan (otak, liver, ginjal)
·         Ikan, seperti Sardines, Mackerel
·         Daging Merah (Sapi, Babi, Kambing), Bacon
·         Udang, Lobster, Scallop

Selain itu, beberapa makanan seperti: Asparagus, Jamur, Bayam, dan Beans (Tahu, Tempe), Kangkung, juga mengandung purin yang cukup tinggi sehingga sebaiknya jumlahnya kita batasi.
Menu makanan seperti nasi dan ayam, telur, singkong, jagung, keju dan buah-buahan baik dikonsumsi untuk penderita asam urat. Untuk lebih detailnya, ada baiknya pasien asam urat melakukan konsultasi dengan ahli gizi untuk pengaturan menu makanan yang terbaik.
Sebagai catatan terakhir, diet rendah purin ini tidak memberikan efek terapi bagi penderita gout arthritis atau radang asam urat. Konsultasikan ke dokter Anda untuk mendapatkan resep obat yang tepat untuk mengatasi keluhan asam urat Anda. Diet rendah purin yang baru saja dibahas dimaksudkan untuk membantu kita semua mengatur pola makan yang seimbang dan sehat. Dan bagi penderita asam urat, diet tersebut tentunya akan membantu mencegah serangan nyeri asam urat berikutnya.

6 Obat Asam Urat yang Alami

Asam urat adalah penyakit radang yang diakibatkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh sehingga kadar asam urat tersebut menumpuk. Walaupun terbilang tidak berbahaya, tapi asam urat sering kali dikeluhkan karena rasa nyeri yang cukup mengganggu. Misalnya, nyeri di sendi-sendi jari, siku dan lutut yang terasa sangat sakit dan terbakar, terutama di malam hari?
Meski penyebab asam urat beragam, tapi asam urat kebanyakan disebabkan kesalahan dalam pemilihan makanan. Misalnya, memakan makanan dengan kadar purin yang tinggi seperti daging merah, ikan sarden, udang, bayam, kembang kol, tahu, dan tempe. Oleh karena itu, obat asam urat yang terbaik adalah perbaikan pola makan. 
Nah, berikut ini obat asam urat yang alami:
     Perbanyak minum air putih

Mengonsumsi air putih minimal 8 hingga 10 gelas per hari bertujuan untuk mengencerkan urine. Hal ini juga berfungsi untuk menghambat proses penumpukan asam urat yang berlebihan.
Mengurangi makanan yang mengandung purin
Salah satu penyebab terjadinya asam urat adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Anda sebaiknya mulai mengurangi makanan yang bersumber dari protein hewani, seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, jeroan, kambing dan ayam. Jika Anda ingin mengonsumsi protein, Anda dapat memilih protein murni, seperti putih telur, dan sumber protein yang mengandung sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.
Menjaga berat badan
Menjaga berat badan adalah salah satu obat asam urat yang cukup ampuh. Bila Anda melakukan diet sehat dan diimbangi dengan olahraga, kandungan asam urat yang berlebihan bisa larut dan dibuang oleh tubuh. Namun, Anda tak perlu melakukan olahraga berat jika Anda merasa kesakitan. Cobalah beberapa olahraga ringan, seperti yoga, jalan kaki dan bersepeda. Meski ringan, Anda harus melakukan olahraga ini secara teratur setiap minggu.
Makan makanan yang tepat
Salah satu cara menjaga berat badan sebagai pilihan obat asam urat yang alami adalah menjalani diet sehat. Anda bisa memulainya dengan memilih makanan yang termasuk karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran (bit, mentimun, daun selada, kentang, dan zucchini), dan produk susu yang rendah atau bebas lemak. 
     Hindari yang manis
Obat asam urat yang alami adalah menghindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan fruktosa atau pemanis buatan dalam jumlah tinggi. Misalnya, soda dan jus kemasan. Akan tetapi, jus alami tanpa gula tentu saja boleh Anda minum.
Stop minuman beralkohol
Tahukah Anda, meminum minuman beralkohol bisa menjadi penyebab asam urat. Bir, misalnya, mengandung kadar purin yang tinggi. Minuman beralkohol juga mengandung banyak kalori yang bisa menjadi penyebab berat badan naik. Jadi, hindarilah meminum minuman beralkohol sebagai obat asam urat yang alami.
Lalu, bagaimana jika asam urat Anda sudah termasuk parah? Anda sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat asam urat seperti indometasin (NSAID), naproxen, dan prednisone untuk mengurangi radang di daerah sendi, allopurinol sebagai penghambat produksi asam urat dalam tubuh sebelum sempat bermetabolisme, serta probenesid dan sulfinpyrazone yang berguna untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah melalui air kencing.
Obat Asam Urat
Asam Urat atau yang lebih dikenal dengan sebutan gout arthritis, adalah salah satu bentuk dari arthritis (radang sendi). Gejala umumnya adalah nyeri yang tiba-tiba,  pembengkakan, rasa panas dan kaku pada daerah sendi, terutama pada ibu jari kaki, pergelangan kaki dan lutut. Penyakit ini lebih sering menyerang laki-laki.
Asam urat disebabkan oleh adanya kristal urat yang bertumpuk di persendian sehingga menyebabkan pembengkakan dan kristal urat tersebut terbentuk akibat tingginya kadar asam didalam darah.  
Tubuh memproduksi asam, dalam bentuk purin, zat alami yang dapat ditemukan pada tubuh dan beberapa jenis makanan, misalnya daging jeroan, asparagus dan jamur.
Obat Asam Urat sangat bergantung pada tiap kasus pasien. Untuk pengobatan, biasanya dokter akan memberikan obat anti peradangan misalnya ibuprofen atau kolkisin yang dapat membantu mengurangi nyeri asam urat. Dapat pula dengan allopurinol yang berfungsi untuk menghambat pembentukan asam dalam darah. Obat asam urat tersebut dapat dibeli di apotek dengan resep dokter.
Beberapa langkah pencegahan penyakit asam urat :
·         Harus membatasi konsumsi alkohol.
·         Banyak minum air putih dan mengurangi minuman manis.
·         Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, membatasi konsumsi daging merah, dalam hal ini sumber protein dapat diganti dengan susu rendah lemak.
·         Menjaga berat badan dan turunkan berat badan jika berlebih.
·         Jika tidak dirawat dengan baik, asam urat dapat membahayakan sendi, tendon dan jaringan lainnya bahkan resiko batu ginjal.
Tips Agar Asam Urat Cepat Sembuh
Pernahkah Anda mengalami sensasi sendi-sendi jari, siku dan lutut Anda serasa sangat sakit dan terbakar, terutama di malam hari? Jika Anda sering mengalaminya, kemungkinan Anda menderita asam urat (gout). Ini terjadi ketika konsumsi zat purin yang berlebihan mengakibatkan munculnya kristal-kristal purin di dalam darah yang kemudian mengumpul di sendi, mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa dan mirip dengan gejala rematik.
Walaupun sering dikaitkan dengan penyakit orang tua, asam urat jaman sekarang banyak juga yang menyerang orang yang relatif muda, karena gaya hidup dan pola makan kurang sehat.
Terkena asam urat tentunya sesuatu yang menyusahkan, karena sangat mengganggu aktifitas sehari-hari dan membuat Anda susah tidur nyenyak. Lalu, bagaimana caranya agar asam urat tak lagi mengganggu Anda? Tentunya dengan cara mengadopsi cara pengobatan asam urat yang paling manjur.
Jenis-jenis Obat Asam Urat
Ketika asam urat Anda makin parah sampai menyerang sendi, biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan yang memiliki beberapa fungsi sekaligus; untuk mengurangi kadar kristal dalam sendi, mengurangi peradangan yang diakibatkan penumpukan kristal tersebut, serta mengurangi rasa sakitnya agar Anda tidak begitu tersiksa lagi terutama di malam hari. Selain untuk mengatasi gejala tersebut, ada juga obat yang diresepkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang agar kadar asam urat bisa turun perlahan-lahan.
Berikut adalah beberapa jenis obat umum yang mungkin akan diresepkan dokter ketika Anda didiagnosis menderita asam urat:
·         Obat yang gunanya untuk mengurangi radang terutama pada daerah sendi akibat asam urat, misalnya indometasin (NSAID), naproxen dan prednisone (sejenis kortikosteroid). Indometasin dan naproxen biasanya diminum, sedangkan untuk prednisone ada yang diminum dan ada yang disuntikkan. Khusus untuk indometasin dan naproxen biasanya diresepkan untuk membantu meringankan nyeri sendi yang datang tiba-tiba.
·         Obat yang fungsinya menyetop produksi asam urat dalam tubuh sebelum sempat bermetabolisme, misalnya Allopurinol. Ini adalah obat yang diperuntukkan untuk pengobatan jangka panjang, tetapi jika diminum berlebihan, efek sampingnya adalah kerusakan hati.
·         Obat yang fungsinya mengurangi kadar asam urat dalam darah, misalnya probenesid dan sulfynpirazone. Keduanya membantu menurunkan kadar asam urat dengan cara membuat semakin banyak asam urat keluar lewat air kencing.
Pastikan Anda mengunjungi dokter dan sudah membicarakan rencana pengobatan jangka panjang sebelum mengonsumsi obat-obatan ini, karena semuanya memiliki efek samping yang lumayan parah dan bahkan dapat membuat asam urat bertambah parah jika diminum sembarangan.
Kebiasaan untuk Mengimbangi Konsumsi Obat Asam Urat
Ingin agar asam urat Anda lekas sembuh? Jangan hanya mengandalkan obat saja! Pastikan Anda juga melakukan gaya hidup yang baik untuk memastikan agar asam urat tidak lagi mengganggu Anda, misalnya dengan menghindari makanan yang membuat kadar asam urat di dalam darah meningkat karena banyak mengandung purin. Makanan semacam ini contohnya adalah hidangan laut macam kepiting dan udang, ayam, telur, daging merah, hati, otak, jeroan dan protein hewani lainnya. Gula jagung berlebih dan minuman beralkohol seperti bir juga bisa meningkatkan resiko terserang asam urat.
Pastikan Anda banyak minum air putih, serta makan banyak buah, sayuran segar dan mengonsumsi protein yang berasal dari sumber non hewan seperti kedelai, jamur, terong.
Agar resiko asam urat semakin turun, pastikan Anda menjaga tubuh berada di berat badan yang ideal (tidak perlu terlalu kurus, asal tak berlebihan). Dengan demikian, Anda bisa mengurangi resiko terserang asam urat agar tak perlu minum obat terus.
Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat
Dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan gaya hidup, asam urat merupakan penyakit yang sekarang mulai banyak mendapat perhatian. Pasalnya, asam urat sekarang tidak lagi diidentikkan dengan penyakit yang hanya menyerang orang lanjut usia, karena orang muda usia 30-an pun sudah mulai banyak yang menunjukkan gejala terserang penyakit ini. Penyakit yang juga disebut gout arthritis ini disebabkan menumpuknya kadar asam urat dalam darah yang tak mampu dikeluarkan oleh ginjal.
Asam urat berasal dari hasil metabolisme purin, semacam protein yang sumbernya banyak berasal dari produk hewani dan minuman beralkohol. Purin dalam jumlah kecil bermanfaat bagi metabolisme tubuh, tetapi purin dalam jumlah banyak akan mengakibatkan penumpukan kadar asam urat yang tak bisa dikeluarkan tubuh sehingga kita pun terserang asam urat. Coba perhatikan orang-orang yang masih muda sudah terserang asam urat; mereka umumnya biasa mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang berlebihan tanpa mengimbanginya dengan makanan sumber nutrisi lain.
Bisakah Asam Urat Disembuhkan Tanpa Obat?
Tujuan pengobatan asam urat sebenarnya bukanlah menghabiskan kadar purin di dalam tubuh sama sekali, melainkan menguranginya sampai ke batas normal dan mempertahankannya dalam jumlah wajar tersebut sampai tidak lagi mengganggu fungsi tubuh. Untuk penyakit asam urat yang parah, dokter biasanya akan meresepkan obat sembari menyarankan gaya hidup dan pola makan sehat. Akan tetapi, ketika Anda baru merasakan gejala ringannya, ada baiknya Anda mencoba menyembuhkannya sendiri dengan melakukan modifikasi gaya hidup.
Bagaimana caranya? Prinsipnya mudah sekali: jangan biarkan purin menumpuk dalam tubuh Anda sampai tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal! Berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan asam urat tanpa harus ke dokter atau minum obat resep terlebih dahulu:
·         Kurangi jenis makanan yang banyak mengandung purin. Makanan ini biasanya berupa sumber protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing dan babi, ayam, otak dan jeroan. Jika ingin mengonsumsi sumber protein, konsumsilah protein murni seperti putih telur, protein nabati, serta protein yang merupakan sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.
·         Perbanyak makan makanan yang bisa melancarkan pencernaan dan proses sirkulasi, misalnya makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Sayur-sayuran segar dan buah adalah kandidat yang baik untuk makanan sehari-hari bagi penderita asam urat.
·         Minum banyak air putih, sekitar 2 liter per hari atau bahkan lebih saat asam urat sedang parah-parahnya. Ini bisa membantu melancarkan aktifitas ginjal dan kandung kemih sehingga makin banyak zat purin yang terbuang dari dalam tubuh.
·         Imbangi diet sehat dengan olahraga untuk semakin melarutkan dan membuang asam urat dari dalam tubuh. Jika merasa kesakitan, tidak perlu memaksa melakukan olahraga berat; cobalah angkat beban ringan, yoga, jalan kaki atau bersepeda perlahan-lahan, dan lakukan dengan konsisten setiap minggu.
Cobalah dulu semua langkah pengobatan asam urat alami ini sebelum Anda menemui dokter. Jika Anda bisa menyembuhkan dan menjaga kadar asam urat sendiri secara alami, bukankah jauh lebih bagus?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s