Cholesterol

Kolesterol adalah sejenis lemak yang diproduksi oleh hati dan sel-sel lainnya. Kolesterol banyak terkandung didalam produk berbahan dasar susu, telur dan daging. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk agar dapat berfungsi dengan baik, contoh, membran sel membutuhkan kolesterol untuk memproduksi hormon, vitamin D dan asam empedu untuk mencerna lemak. Jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu banyak, akan berbahaya bagi kesehatan jantung
 
 

High Cholesterol
Jika kadar kolesterol tinggi, artinya ada begitu banyak lemak didalam pembuluh darah sehingga darah menjadi sulit mengalir di dalam arteri. Jantung akan kekurangan oksigen, meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Symptoms
Kolesterol tinggi tidak menunjukan gejala apapun.

Causes
Kolesterol dibawa melalui darah dan melekat pada protein. Kombinasi kolesterol dan protein, disebut dengan lipoprotein. kenali tipe kolesterol dan kandungannya, yaitu :

Low-density lipoprotein (LDL), sering dikenal sebagai kolesterol jahat, karena menyebabkan timbunan plak di dinding pembuluh darah.

Very-low-density lipoprotein (VLDL) adalah tipe lipoprotein yang paling banyak mengandung trigliserida, sejenis lemak yang melekat pada protein didalam darah. VLDL menyebabkan LDL dalam darah membesar, akibatnya pembuluh darah menyempit.

High-density lipoprotein (HDL), sering dikenal sebagai kolesterol baik, fungsinya untuk ‘membersihkan’ kolesterol jahat dari darah.

Beberapa penyebab lain kolesterol tinggi adalah : Banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat (berlemak), obesitas, jarang beraktivitas dan sebagai dampak dari penyakit lain (misalnya hipotiroid).

Risk Factor
Faktor pemicu kolesterol tinggi adalah :
·         Rokok
Rokok menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah, sehingga memperparah penimbunan lemak. merokok juga menurunkan kadar kolesterol baik.
·         Obesitas.
·         Diet yang buruk.
Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dan produk berbahan dasar susu.
·         Jarang berolahraga.
·         Tekanan darah tinggi dan diabetes.

Complications
Komplikasi yang mungkin terjadi adalah :
Aterosklerosis. Akumulasi dan penumpukan kolesterol pada dinding arteri (plak), akibatnya, sirkulasi darah berkurang, yang dapat menyebabkan :
·         Nyeri pada bagian dada (angina).
·         Sakit jantung.
·         Stroke.

Diagnosis
Disarankan untuk mengukur kadar kolesterol dan mengecek jantung.
Prevention
Untuk mencegah kolesterol tinggi, disarankan untuk :
·         Diet (memperbanyak buah dan sayuran segar, mengurangi asupan garam).
·         Mengurangi berat badan.
·         Olahraga teratur.
·         Berhenti merokok.


  Lemak Trans
Apa yang membuat crackers dan ayam goreng favorit Anda menjadi lebih gurih dan crispy? Jawabannya adalah trans fat.Trans fat atau yang biasa disebut dengan lemak trans, memang dapat membuat makanan menjadi bertekstur, terasa lebih enak dan memberikan energi, tapi sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol, memperparah peradangan, menurunkan kadarkolesterol baik dan resiko kanker.Berikut jenis makanan yang mengandung sangat banyak lemak trans :Semua makanan yang di goreng (terutama kentang, ayam), kue pie, margarin, pancake, waffles, es krim, non dairy creamer, popcorn dalam kemasan, daging, biskuit, crackers, makanan beku dancreamy, makanan dalam kemasan (sudah diproses).Jika Anda ingin hidup sehat, sangat disarankan untuk menghindari makanan kaya lemak yang disebut diatas. Anda dapat melihat kadarnya pada kemasan dan jika Anda makan di restoran, yang pastinya tidak ada informasi mengenai kadar lemak tersebut, cukup makan setengah porsinya saja. Atau, makanlah sayuran atau buah terlebih dahulu, sebelum menyantap hidangan berlemak Anda.
 Pemicu Gangguan Metabolisme
Metabolic syndrome atau yang sering disebut juga sebagai ‘gugusan’ faktor pemicu penyakit, terdiri dari : kadar gula darah tinggi, tumpukan lemak di sekitar perut, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang tidak sehat. Hal-hal tersebut dapat memicu berbagai penyakit serius pada pembuluh darah dan jantung Anda, seperti diabetes, serangan jantung juga stroke.Faktor-faktor tersebut dapat bertambah buruk apabila :
· Usia Anda bertambah.
Resiko akan meningkat mulai usia Anda memasuki dua puluh tahun dan meningkat menjadi dua kali lipat setelah usia Anda enam puluh tahun.
· Terjadi pembekuan darah atau peradangan.
· Menderita beberapa penyakit lainnya.
Misalnya lemak hati, batu empedu atau lipodistrofi (yang mempengaruhi pendistribusian lemak).
· Keturunan.
· Kadar insulin yang tidak stabil.
· Obesitas. Terutama di bagian perut.
· Pola hidup kurang sehat. Gemar makan makanan berlemak dan malas berolahraga.
· Hormon tidak seimbang.Metabolic syndrome umumnya tidak langsung menunjukan gejala, jadi untuk memastikannya, Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Cegah segera dengan melakukan diet sehat untuk menjaga dan menurunkan berat badan (jika Anda menderita obesitas), kurangi konsumsi garam, berhenti merokok dan rajin berolah raga (tiga puluh menit sampai satu jam per hari).

 11 Makanan Penurun Kolesterol

 
 
Beberapa makanan lezat berikut telah teruji manfaatnya bagi kesehatan Anda, makanan berikut berkhasiat menurunkan kadar kolesterol. Mungkin Anda dapat mencobanya sebagai makanan sehat pendamping olahraga rutin Anda.
Jeruk. Jeruk mengandung zat yang disebut dengan pektin. Sama seperti jenis serat larut lainnya, pektin dapat membentuk massa yang melekat pada perut dan menahan kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh sebelum diserap ke dalam aliran darah. Selain memiliki kandungan serat, juga terdapat vitamin C, folat dan potassium.
 
Oat. Sangat kaya akan serat larut. Oat dapat dijadikan sarapan dan ditambah dengan buah-buahan untuk menambah cita rasa agar tidak hambar, misalnya potongan pisang atau apel. Dapat pula dihancurkan (dijadikan tepung), untuk mengganti tepung biasa, misalnya untuk membuat pancake atau muffin.
Ikan sardin. Memiliki sangat banyak kandungan omega 3, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan bertindak sebagai anti peradangan. Selain ikan sardin, ikan tuna dan salmon juga kaya akan omega 3. Hindari mengolah ikan dengan menggorengnya. Disarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan tersebut setiap minggunya.
Kacang pistachio. Sebuah studi menyatakan, mengonsumsi satu sampai dua genggam kacang pistachio sehari, selama empat minggu, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang ini juga kaya akan lemak tak jenuh, serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan, juga baik untuk menggantikan protein hewani, yang umumnya mengandung lemak jahat. Pastikan kacang camilan Anda tidak diberikan bumbu tambahan (baik gula maupun garam).
Kacang-kacangan. Selain jenis kacang pistachio, kacang kenari, almond dan sejenisnya (termasuk kacang tanah) juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. kandungan omega-3 didalamnya juga bisa membantu memperbaiki kerusakan arteri yang disebabkan oleh penumpukkan lemak.
Minyak zaitun. Dengan mengkonsumsi dua sendok minyak zaitun perhari, akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Minyak zaitun bisa digunakan untuk campuran salad sayuran, untuk membubui masakan atau sebagai pengganti mentega.
Tomat. Rajin mengonsumsi tomat amat membantu menurunkan kadar kolesterol. Bisa dimakan langsung ataupun dijus.
Bawang putih. Selain baik untuk menurunkan kadar kolesterol, bawang putih juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit berbahaya lainnya. Cukup konsumsi satu siung bawang putih segar setiap harinya.
Yoghurt. ‘Si asam’ ini bisa membantu mencegah penyerapan kolesterol kedalam darah. pilihlah yoghurt yang plain.
Delima. Buah ini bisa membantu mengurangi penimbunan plak pada arteri.
Teh hijau. Alangkah baiknya, makanan sehat juga dipadukan dengan minuman yang sehat. Teh hijau mengandung zat yang bisa membantu meningkatkan kolesterol baik dan mencegah penumpukkan kolesterol jahat. Pastinya, hindari meminum teh hijau ini dengan tambahan gula.
Untuk menghindari kadar kolesterol kembali meningkat, hindari sering mengonsumsi daging merah, susu berlemak, margarin dan camilan seperti kue dan biskuit manis.
Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol
Ketika seseorang mengalami kondisi dimana kadar kolesterol darahnya meningkat, orang tersebut biasanya akan disarankan untuk mengatur pola makan serta mengurangi bahkan tidak lagi mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu agar kadar kolesterol darahnya tidak naik. Lazimnya, jika ingin sehat, kita harus berusaha agar tidak memakan jenis makanan pemicu lonjakan kolesterol jahat, dan sebaliknya memperbanyak konsumsi makanan bergizi serta makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
Ketika mengonsumsi makanan bergizi, Anda bukan hanya mencegah kemungkinan naiknya kadar kolesterol, namun juga dapat menurunkan resiko yang terkait dengan tingginya kadar kolesterol dalam darah, misalnya saja resiko terkena penyakit jantung koroner, penyempitan pembuluh darah serta stroke. Dengan memilih jenis makanan yang tepat, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit tersebut dan tentunya memiliki hidup yang lebih sehat.
Makanan untuk Menurunkan Kolesterol
 
Pada dasarnya, seseorang dengan kolesterol tinggi dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh, yang bisa mengakibatkan semakin bertambah tingginya kadar kolesterol jahat di dalam pembuluh darah, yang kemudian bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Akan tetapi, selain menghindari jenis makanan tertentu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang benar-benar bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Beberapa jenis bahan makanan ternyata telah terbukti mampu melakukan hal tersebut. Berikut beberapa di antaranya:
· Makanan Kaya Omega 3. Omega 3 merupakan zat gizi yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dalam hal menurunkan efek buruk kolesterol dalam darah. Omega 3 telah terbukti secara ilmiah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan, mencegah pengentalan darah akibat penumpukan kolesterol dan mengurangi resiko terserang penyakit yang terkait dengan kolesterol tinggi. Makanan kaya Omega 3 antara lain ikan laut seperti salmon dan tuna serta kacang-kacangan seperti almond. Kedua jenis makanan ini tak perlu dikhawatirkan karena merupakan sumber lemak tak jenuh.
· Sumber Serat. Makanan seperti buah dan sayur beraneka warna serta karbohidrat komplek seperti serealia utuh bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan pencernaan serta memberikan suplai nutrisi yang bisa mengurangi resiko stroke, hipertensi dan penyakit jantung koroner. Untuk buah dan sayurnya, pastikan Anda memakan mereka dalam bentuk sesegar mungkin dan pastikan mengonsumsi yang jenisnya berwarna-warni, agar variasi nutrisinya semakin banyak.
· Teh Hijau. Jenis teh ini telah diteliti memiliki komponen kimiawi yang bisa mendorong aktifitas pembakaran sel lemak, termasuk kolesterol jahat. Mengganti kopi Anda dengan teh hijau setiap pagi dan sore bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan, apalagi jika pola makan juga diubah. Akan tetapi, sebaiknya teh jangan diminum setelah makan agar tidak mengacaukan penyerapan protein yang penting. Tunggu kira-kira 2 jam sebelum atau sesudah makan.
· Kayu Manis. Serbuk kayu manis bukan hanya menambah citarasa sedap pada makanan dan minuman, namun juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Anda juga tak perlu mengonsumsinya terlalu banyak; ½ sendok teh bubuk kayu manis pun cukup untuk jatah sehari. Taburkan di atas roti gandum utuh panggang, bubur oat atau dicampur ke dalam smoothieuntuk memperkaya rasa.
· Lemon Segar. Buah lemon mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kolesterol seperti antioksidan serta senyawa kimiawi yang disebut limonoid. Jika Anda mengalami masalah kolesterol tinggi yang parah, minum jus lemon yang diperas sendiri, yang ditambah sedikit gula rendah kalori dan sedikit taburan bubuk cabai untuk meningkatkan metabolisme.
Libatkan semua jenis makanan ini dalam diet Anda untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. Tapi jika kadar kolesterol Anda cukup tinggi, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan perlu tidaknya pemberian obat resep tertentu.
Turunkan Kolesterol Untuk Kesehatan
Selama ini, kata kolesterol darah sering diidentikkan dengan sesuatu yang jahat. Padahal, kolesterol sebenarnya selalu ada di dalam tubuh kita dan malah sangat penting untuk mendukung proses penting dalam tubuh, misalnya membuat hormon yang penting untuk kelangsungan fungsi organ tubuh. Akan tetapi, jika kolesterol melebihi kadar normal, barulah hal itu berbahaya karena sel-sel lemak yang membentuk kolesterol bisa menyumbat pembuluh darah, mengeras dan mempersempit pembuluh darah. Jika sudah begitu, ancaman penyakit seperti stroke dan jantung koroner pun mengintai.
Berapa Banyak Kolesterol Harus Diturunkan?
Ketika memeriksakan kadar kolesterol ke dokter, Anda harus memastikan bahwa semua komponen kolesterol di dalam darah berada dalam kadar normal. LDL dan trigliserida harus kurang dari 150 mg/dl, sementara bacaan normal kolesterol secara keseluruhan harus di bawah 200 mg/dl. Di antara Anda mungkin ada yang bacaannya sedikit melewati angka normal, dan disarankan untuk melakukan beberapa langkah pencegahan agar angka kadar kolesterol tidak semakin naik.
Semakin tinggi bacaan kolesterol darah Anda, semakin tinggi pula resiko kesehatan dan semakin panjang perjalanan Anda untuk menurunkan kadarnya. Akan tetapi, hal ini bukannya tidak bisa dilakukan. Ketika bacaan kolesterol Anda nampak tinggi, Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menurunkannya.
Cara Menurunkan Kolesterol Darah
Usaha menurunkan kadar kolesterol seharusnya tidak hanya dilakukan saat bacaan kadar kolesterol Anda sudah tinggi, namun juga saat Anda sedang sehat. Dengan demikian, Anda akan selalu sehat dan tidak perlu mengalami masalah kesehatan dulu sebelum sadar bahwa kadar kolesterol Anda sudah terlalu tinggi. Biasanya, ketika kadar kolesterol Anda nampak cukup tinggi, dokter akan memberikan resep obat seperti fibrates, niacin dan resin dari asam empedu.
Untuk penanganan alami tanpa obat, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:
· Olahraga secara teratur, minimal 20-30 menit sehari. Olahraga tidak perlu yang sulit; Anda bisa mengenakan sepatu yang nyaman lalu berjalan kaki keliling komplek, atau malah di rumah saja dan melakukan lompat tali atau naik sepeda. Olahraga merupakan cara yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik.
· Makan makanan yang banyak serat, omega 3, vitamin dan mineral. Semua jenis zat gizi ini baik untuk kesehatan dan bahkan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah (terutama omega 3-nya). Sumber makanan yang baik adalah putih telur, ikan salmon, ikan tuna, oat, sayuran dan buah berbagai warna serta minyak yang sehat seperti minyak kanola, zaitun, kedelai atau biji rami. Jangan terlalu banyak makan sumber lemak jenuh macam makanan cepat saji, makanan kalengan, gorengan, jeroan, kuning telur dan sebagainya.
· Hindari merokok, karena bisa membuat kadar kolesterol baik Anda menurun. Selain itu, racun nikotin dalam rokok akan membuat resiko sakit jantung dan kanker meningkat.
· Jika tak bertentangan dengan obat yang diminum, Anda boleh mencoba suplemen dengan kandungan tanaman yang sudah diteliti berpotensi membantu menurunkan kadar kolesterol, misalnya mengkudu. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencobanya.Lalu, berapa banyak kolesterol harus diturunkan? Tergantung pada tingkat resiko Anda sebagai individu. Jika Anda adalah individu beresiko tinggi mengalami kenaikan kadar kolesterol, Anda harus bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sampai di bawah 70 mg/dl. Akan tetapi, untuk individu beresiko rendah, Anda bisa mencoba sampai target hitungan kadar kolesterol di bawah 150 mg/dl.
 Kolesterol Baik
HDL atau yang lebih dikenal dengan sebutan kolesterol baik, berfungsi untuk membuang kolesterol jahat dari pembuluh darah. HDL dapat membantu mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Faktanya, ada sangat banyak orang yang menderita kolesterol tinggi, namun sebagian orang lagi mengalami kadar HDL (High-density lipoprotein) di bawah normal.
Meski sekilas seperti tidak berbahaya, hal ini dapat mengindikasikan adanya gangguan kesehatan pada jantung Anda, di masa mendatang. Berikut beberapa cara sederhana untuk menaikan kadar kolesterol baik Anda :
· Melakukan aktivitas fisik (olahraga) selama setengah jam sehari, minimal lima kali seminggu. Anda dapat melakukan aerobic, bersepeda, berenang atau berjalan. Melakukan aktivitas sehari-hari di rumah seperti berkebun juga dapat membantu.
· Menjalankan diet yang tepat, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, karena dapat menaikan kadar kolesterol jahat dan merusak pembuluh darah.
· Rutin mengkonsumsi oat dan kacang-kacangan. Bisa dijadikan sarapan.
· Minum jus jeruk setiap hari. Antioksidan dalam jeruk yang tinggi dapat menaikkan kadar HDL.
· Mengkonsumsi makanan dan suplemen omega-3.
· Konsumsi kacang kedelai yang kaya akan serat. Protein yang ada pada kedelai baik untuk menggantikan protein yang berasal dari hewan.
· Berhenti merokok. Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol baik hingga sepuluh persen.
· Menurunkan berat badan. Obesitas adalah salah satu pemicu turunnya kolesterol baik.
· Ganti minyak goreng biasa Anda dengan minyak zaitun.
· Membatasi konsumsi alkohol. Mengkonsumsi alkohol berlebih dapat mengakibatkan gangguan kesehatan serius termasuk tekanan darah tinggi dan stroke.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s